Tentang Kami – inFishta.beta

Tentang Kami

Tentang inFishta

InFishta adalah sebuah platform cloud aquaculture berbasis crowdfunding yang memungkinkan Anda untuk melakukan budidaya ikan dengan nilai tambah tinggi secara online. InFishta memberikan fasilitas untuk mempertemukan nelayan tambak budidaya dan masyarakat pemilik dana yang masing-masing berperan sebagai operator dan investor, untuk melakukan investasi di bidang budidaya ikan dengan skema bagi-hasil. InFishta juga melakukan fungsi pengawasan dan pengontrol kegiatan budidaya ikan di lapangan yang dilakukan oleh mitra petani tambak kami.

Melihat adanya masalah petani tambak dalam mengakses permodalan, kami mengajak masyarakat untuk ikut membantu petani tambak dalam memberikan pembiayaan secara crowdfunding (patungan melalui website inFishta) dan sebagai imbalannya masyarakat mendapatkan return on investment (keuntungan) dalam bentuk profit-sharing (bagi-hasil) bergantung dari Prospektus budidaya ikan terkait.

Berdasarkan data dari Sekretaris Kabinet Indonesia (2015) Indonesia memiliki potensi lahan budidaya ikan sebesar 11,8 juta hektar, akan tetapi baru dimanfaatkan sebesar 2% saja. Data lainnya dari Kementerian Perikanan dan Kelautan RI (2015) menyatakan bahwa di Indonesia terdapat 6,5 juta ton potensi lestari ikan per tahunnya. Merujuk dari data tersebut, maka terdapat peluang dan potensi yang sangat besar di bidang perikanan budidaya dengan memanfaatkan teknologi untuk kegiatan konvensional nelayan tambak.

InFishta mengidentifikasi jenis ikan yang memiliki kebutuhan tinggi di pasar, stabilitas harga dan potensi masa depan yang baik. Lalu kami menghubungkan petani tambak dan masyarakat, untuk membuka peluang pembiayaan budidaya ikan yang saling menguntungkan. Kami memberikan pengalaman menarik kepada Anda untuk bisa melakukan budidaya ikan tanpa harus membuat kolam budidaya dan melakukan operasional budidaya ikan. InFishta dan mitra petani tambak kami yang akan melakukan semua kegiatan budidaya di lapangan. Anda (investor) bisa melihat perkembangan budidaya yang dilakukan melalui platform inFishta dan sekali-kali bisa mengunjungi langsung lokasi budidaya yang akan di dampingi oleh supervisor inFishta di lapangan.

inFishta bukanlah semata produk investasi dengan visi komersial saja, tetapi kami juga mempunyai visi besar untuk bisa melestarikan kehidupan dibumi melalui sumber daya perikanan sesuai sustainable development goals nomor 2 (No Hunger) dan 12 (Responsible Consumtion), serta meningkatkan taraf hidup petani tambak Indonesia sesuai sustainable development goals nomor 1 (No Poverty) dan 10 (Reduce Inequality).

Dengan berinvestasi melalui sumber daya yang kita miliki masing-masing (Anda memiliki uang dan nelayan tambak memiliki keahlian budidaya ikan) berpotensi menciptakan perubahan yang lebih baik bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

 

Term of Investment

Ketentuan Umum

  1. Investasi perikanan di inFishta adalah berdasarkan per produk ikan yang ditawarkan inFishta. Misal ikan bandeng, udang vannamei, dan ikan lain-lain.
  2. Nominal investasi menggunakan satuan lot, dimana satu lot = Rp100.000, dan minimal investasi di inFishta adalah satu lot atau Rp100.000,-.
  3. Periode / kontrak investasi adalah bergantung dari jenis budidaya ikan (bisa dilihat pada halaman masing-masing jenis ikan). 
  4. Dana investasi awal milik investor akan dikembalikan setelah pelaksanaan masa kontrak selesai.
  5. Akad yang digunakan adalah akad Mudharabah atau bagi-hasil. Dengan pembagian proporsi bagi-hasil disesuaikan dengan jenis produk/ikan yang akan dibudidaya. Selengkapnya bisa dibaca di prospektus budidaya ikan masing-masing.
  6. Bagi-hasil keuntungan investasi diperoleh dari total penjualan neto atau laba bersih (total penjualan ikan dikurangi modal investasi awal bernilai positifl).
  7. inFishta dan petani ikan tidak memiliki kewajiban untuk mengganti dana investasi dari investor yang digunakan untuk kegiatan budidaya ikan di lapangan, karena skema investasi menggunakan akad Mudharabah, yang artinya apabila terjadi kerugian maka dibebankan kepada pemilik modal (sahibul maal). Akan tetapi inFishta dan mitra petani tambak bekerja keras untuk menekan risiko kegagalan hasil budidaya dengan tindakan preventif, restrukturisasi investasi dan asuransi perikanan.
  8. inFishta tidak menyediakan segala bentuk rekomendasi atau paksaan investasi terkait pilihan-pilihan budidaya dalam situs ini. Kegiatan investasi merupakan keputusan investor sendiri.

 

Hak Investor

  1. Investor mendapatkan bagi-hasil dari investasi yang dimilikinya ketika budidaya ikan dipanen.
  2. Persentase bagi-hasil yang diterima oleh investor dari hasil bersih penjualan ikan per budidaya. Kemudian yang di dapatkan investor secara individu adalah proporsi dana yang diinvestasikan dibagi total dana investasi (crowdfunding). Misalkan Abi melakukan investasi sebesar 1 juta dari total dana investasi yang dibutuhkan 10 juta, maka Abi memiliki hak 10% dari total profit yang didapatkan seluruh investor.
  3. Investor berhak atas laporan perkembangan budidaya ikan dan pemeliharaan budidayanya melalui sistem pelaporan yang disiapkan oleh manajemen inFishta.
  4. Pemilik investasi perikanan atau investor dari waktu ke waktu berhak untuk melihat secara fisik sendiri investasi yang dimilikinya.
  5. Setelah transfer pengembalian modal awal dilakukan ke rekening investor dan periode investasi sudah habis, maka kontrak investasi budidaya ikan di kolam petani tambak terkait sudah berakhir, dan Anda bisa melakukan investasi di produk ikan lainnya.

 

Kewajiban Investor

  1. Investor wajib melakukan transfer dana sebagai instrumen investasinya ke platform inFishta dari mulai minimal 1 lot = Rp100.000,- dan maksimal hingga total dana crowdfunding yang dibutuhkan. Total crowdfunding yang dibutuhkan untuk investasi sudah termasuk biaya-biaya operasional yang dilakukan hingga panen tiba.
  2. Investor yang mengunjungi langsung lokasi budidaya ikan yang dimilikinya, wajib ikut menjaga ekosistem budidaya agar tidak mengganggu kestabilan ekosistem budidaya ikan.
  3. Investor wajib menjaga password akun inFishta agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak berhak. Apabila investor lupa password-nya maka bisa melakukan reset password melalui otentifikasi alamat email atau nomor Hp yang tertera di profil investor.

 

Term of Use

Ketentuan Umum

  1. Pengguna platform inFishta.com wajib mengisi data pribadi secara lengkap dan benar di halaman pembuatan akun dan pendaftaran investasi inFishta.
  2. Kegiatan investasi budidaya perikanan di platform inFishta menerapkan prinsip-prinsip akad syariah yang mengutamakan konsep berkeadilan.  
  3. Petani tambak yang menjadi mitra inFishta sudah melalui tahap penilaian studi kelayakan berdasarkan Standar Nasional Indonesia di bidang perikanan budidaya, dan sudah memenuhi standar Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB).
  4. Dana investasi yang di transfer oleh investor terlebih dahulu dikumpulkan di platform inFishta, dan akan di transfer ke supervisor lapangan sesuai dengan timeline perencanaan keuangan petani tambak di lapangan.
  5. inFishta memberikan pembiayaan kepada petani tambak berdasarkan besaran dana yang dibutuhkan untuk menghasilkan budidaya ikan yang optimal dan profit yang tinggi berdasarkan sumber daya dan lahan yang dimiliki.
  6. inFishta beserta mitra petani tambak sepakat untuk melakukan budidaya ikan yang berkualitas tinggi dan dibutuhkan di pasar konsumen.
  7. Skema bagi-hasil sudah ditetapkan di awal perjanjian investasi berdasarkan kesepakatan antara inFishta dengan mitra petani tambak, yaitu investor 40%, nelayan tambak 40% dan inFishta 20%. *Proporsi bagi-hasil bisa berubah bergantung jenis ikan di lapangan.
  8. inFishta dan petani ikan tidak memiliki kewajiban untuk mengganti dana investasi dari investor yang digunakan untuk kegiatan budidaya ikan di lapangan, karena skema investasi menggunakan akad Mudharabah, yang artinya apabila terjadi kerugian maka dibebankan kepada pemilik modal (sahibul maal). Akan tetapi inFishta dan mitra petani tambak bekerja keras untuk menekan risiko kegagalan hasil budidaya dengan tindakan preventif, restrukturisasi investasi dan asuransi perikanan.