Syarat dan Ketentuan – inFishta.beta

Syarat dan Ketentuan

Term of Investment

Ketentuan Umum

    1. Investasi perikanan di inFishta adalah berdasarkan per produk ikan yang ditawarkan inFishta. Misal ikan bandeng, udang vannamei, dan ikan lain-lain.
    2. Nominal investasi menggunakan satuan lot, dimana satu lot = Rp100.000, dan minimal investasi di inFishta adalah satu lot atau Rp100.000,-.
    3. Periode / kontrak investasi adalah bergantung dari jenis budidaya ikan (bisa dilihat pada halaman masing-masing jenis ikan). 
    4. Dana investasi awal milik investor akan dikembalikan setelah pelaksanaan masa kontrak selesai.
    5. Akad yang digunakan adalah akad Mudharabah atau bagi-hasil. Dengan pembagian proporsi bagi-hasil disesuaikan dengan jenis produk/ikan yang akan dibudidaya. Selengkapnya bisa dibaca di prospektus budidaya ikan masing-masing.
    6. Bagi-hasil keuntungan investasi diperoleh dari total penjualan neto atau laba bersih (total penjualan ikan dikurangi modal investasi awal bernilai positifl).
    7. inFishta dan petani ikan tidak memiliki kewajiban untuk mengganti dana investasi dari investor yang digunakan untuk kegiatan budidaya ikan di lapangan, karena skema investasi menggunakan akad Mudharabah, yang artinya apabila terjadi kerugian maka dibebankan kepada pemilik modal (sahibul maal). Akan tetapi inFishta dan mitra petani tambak bekerja keras untuk menekan risiko kegagalan hasil budidaya dengan tindakan preventif, restrukturisasi investasi dan asuransi perikanan.
    8. inFishta tidak menyediakan segala bentuk rekomendasi atau paksaan investasi terkait pilihan-pilihan budidaya dalam situs ini. Kegiatan investasi merupakan keputusan investor sendiri.

 

Hak Investor

  1. Investor mendapatkan bagi-hasil dari investasi yang dimilikinya ketika budidaya ikan dipanen.
  2. Persentase bagi-hasil yang diterima oleh investor dari hasil bersih penjualan ikan per budidaya. Kemudian yang di dapatkan investor secara individu adalah proporsi dana yang diinvestasikan dibagi total dana investasi (crowdfunding). Misalkan Abi melakukan investasi sebesar 1 juta dari total dana investasi yang dibutuhkan 10 juta, maka Abi memiliki hak 10% dari total profit yang didapatkan seluruh investor.
  3. Investor berhak atas laporan perkembangan budidaya ikan dan pemeliharaan budidayanya melalui sistem pelaporan yang disiapkan oleh manajemen inFishta.
  4. Pemilik investasi perikanan atau investor dari waktu ke waktu berhak untuk melihat secara fisik sendiri investasi yang dimilikinya.
  5. Setelah transfer pengembalian modal awal dilakukan ke rekening investor dan periode investasi sudah habis, maka kontrak investasi budidaya ikan di kolam petani tambak terkait sudah berakhir, dan Anda bisa melakukan investasi di produk ikan lainnya.

 

Kewajiban Investor

  1. Investor wajib melakukan transfer dana sebagai instrumen investasinya ke platform inFishta dari mulai minimal 1 lot = Rp100.000,- dan maksimal hingga total dana crowdfunding yang dibutuhkan.
  2. Investor yang mengunjungi langsung lokasi budidaya ikan yang dimilikinya, wajib ikut menjaga ekosistem budidaya agar tidak mengganggu kestabilan ekosistem budidaya ikan.
  3. Investor wajib menjaga password akun inFishta agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak berhak. Apabila investor lupa password-nya maka bisa melakukan reset password melalui otentifikasi alamat email atau nomor Hp yang tertera di profil investor.