FAQ – inFishta.beta

FAQ

Frequently Asked Question


Apa itu inFishta?

inFishta adalah sebuah platform cloud aquaculture berbasis crowdfunding yang memungkinkan masyarakat Indonesia untuk melakukan budidaya ikan secara online, dengan cara mendanai petani tambak mitra inFishta yang sudah terverifikasi. inFishta berperan sebagai manajer investasi perikanan budidaya yang mengelola dana Anda untuk menghasilkan keuntungan. Melalui investasi yang Anda tanamkan, petani tambak dapat mengembangkan usaha perikanannya dan meningkatkan hasil produksi ikannya. Anda sebagai investor akan mendapatkan profit-sharing sebesar 40% dari laba bersih penjualan ikan hasil budidaya.

inFishta memiliki misi besar untuk bisa menyejahterakan petani tambak lokal Indonesia melalui teknologi. Kemudian inFishta juga memiliki misi untuk memberikan akses pangan (konsumsi ikan) secara adil, mudah, dan lebih murah bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu kami mengajak Anda untuk menjadi Pahlawan petani ikan secara bersama-sama. 


Bagaimana cara bergabung ke inFishta?

Saat ini inFishta masih dalam tahap Beta. Belum menggunakan website dengan fitur sign up dan log in. Akan tetapi saat ini Anda sudah bisa mendaftar sebagai investor di inFishta dengan mengisi formulir di halaman "Investasi dibuka" situs Beta inFishta.

  1. Anda cukup melakukan registrasi online dengan melengkapi data diri dengan benar dan valid.  
  2. Setelah Anda melakukan registrasi, manajemen inFishta akan menghubungi Anda untuk melakukan konfirmasi dan verifikasi pembayaran.   

Bagaimana cara berinvestasi di inFishta?

  1. Buka website www.inFishta.com, pilih jenis ikan budidaya yang Anda inginkan.
  2. Baca dan pahami Prospektus investasi yang telah dibuat oleh inFishta.
  3. Mulai registrasi investasi dengan klik "Invest".
  4. Lakukan registrasi dengan baik dan benar.
  5. Setelah melakukan registrasi pemesanan investasi, Anda akan dihubungi oleh manajemen inFishta.
  6. Manajemen inFishta akan menghubungi Anda melalui WA dan email dengan melampirkan invoice beserta informasi nomor rekening.
  7. Lakukan transfer dana investasi dengan 3 kode unik di belakangnya ke rekening inFishta.
  8. Foto/screen capture bukti transfer.
  9. Kirim bukti transfer dana ke WA atau email inFishta@gmail.com.
  10. inFishta akan mengirimkan notifikasi ke alamat email atau nomor HP Anda, dan selamat! Anda telah menjadi Pahlawan Nelayan tambak Bangsa.
  11. Ajak rekan-rekan Anda untuk ikut berinvestasi di inFishta untuk mendapatkan keberkahan bersama.

Bagaimana mengetahui dana investasi Anda sudah masuk?

Pertama, Anda harus mengirimkan bukti transfer ke WA atau email inFishta. Kemudian kami akan melakukan verifikasi dana transfer tersebut. Apabila berhasil terverifikasi, kami akan mengirim notifikasi via email atau WA kepada Anda bahwa dana investasi sudah masuk. Selanjutnya Anda mendapatkan laporan perkembangan budidaya ikan dari inFishta yang akan dikirimkan melalui email atau WA setiap satu bulan sekali.


Bagaimana investor mengetahui perkembangan investasi budidaya ikannya?

Investor dapat melakukan monitoring  dan komunikasi dengan petani tambak mitra melalui fitur laporan berkala di inFishta yang dikirimkan melalui email atau WA. inFishta memberikan laporan khusus secara komprehensif kepada investor satu bulan sekali mengenai perkembangan budidaya ikan yang dilakukan di lapangan. Kemudian investor juga sekali-kali dapat berkunjung langsung ke lokasi budidaya yang akan dipandu supervisor inFishta di lapangan.


Apakah yang dilakukan inFishta?

inFishta melakukan penilaian dan penyeleksian petani tambak mana yang memiliki potensi untuk dijadikan mitra budidaya ikan. Kemudian inFishta mengajak masyarakat Indonesia khususnya Anda, untuk melakukan pembiayaan petani tambak sebagai instrumen investasi yang produktif di bidang perikanan budidaya.

Kami memberikan pengalaman budidaya ikan secara virtual / online yang menguntungkan dan mudah kepada masyarakat Indonesia. Di lokasi tempat budidaya, inFishta melakukan pendampingan kepada petani tambak mitra dalam bentuk monitoring, perencanaan keuangan, pengecekan pertumbuhan ikan, dan laporan komprehensif kepada Anda. Setelah ikan siap untuk dipanen, maka inFishta akan menjualnya melalui sarana online ataupun offline. Kemudian keuntungan bersihnya akan dibagikan kepada investor (sebesar 40%) dan petani tambak (sebesar 40%).   


Apakah ada pembedaan peran dan tugas anggota inFishta?

Ada 4 peran keanggotaan inFishta saat ini:

  1. Investor / masyarakat Indonesia, mereka yang melakukan pembiayaan atau melakukan investasi budidaya ikan melalui platform inFishta.
  2. Nelayan / petambak / operator budidaya, mereka yang melakukan aktivitas budidaya ikan dari awal hingga panen, meliputi: persiapan pembuatan kolam, pemberian pakan, pembersihan kolam, pemberian antibiotik, dan pemanenan ikan.
  3. Supervisor, mereka yang melakukan aktivitas monitoring quality assurance, perencanaan keuangan nelayan tambak dan reporting kemajuan budidaya ikan.
  4. Pemilik lahan, mereka yang menyewakan lahannya untuk budidaya ikan.

Berapa biaya untuk melakukan 1 investasi di platform inFishta?

Pembiayaan investasi di inFishta menggunakan skema crowdfunding yang perhitungannya menggunakan satuan lot (satuan pembelian saham di bursa efek Indonesia), di inFishta 1 lot = Rp100.000, yang artinya masyarakat bisa melakukan investasi dengan minimal dana transfer 1 lot atau Rp100.000 ke produk investasi ikan yang diinginkan. Sedangkan maksimal dana investasi bergantung dari jumlah dana per kolam yang dibutuhkan.


Berapa lama investasi budidaya ikan yang dilakukan hingga mencapai waktu panen?

Bergantung dari jenis ikan apa yang dibudidayakan. Seperti udang, kakap, kerapu, dan bandeng minimal 4 bulan. Proses budidaya ikan dari awal pembibitan hingga panen dan penjualan ikan disebut satu siklus budidaya. Investasi di inFishta dilakukan selama 1 periode kontrak yang terdiri dari Empat siklus budidaya.

Apa yang dimaksud 1 siklus budidaya?

Satu siklus budidaya adalah proses budidaya ikan dari awal pembibitan hingga akhir panen dan penjualan ikan. Satu siklus budidaya ikan bisa berbeda-beda tergantung dari jenis ikannya.

Apa yang dimaksud 1 kontrak investasi budidaya?

Kontrak investasi budidaya adalah jangka waktu investasi yang dilakukan (tenor). Satu kontrak investasi terdiri dari empat siklus budidaya. Sehingga akan ada empat kali bagi-hasil keuntungan budidaya ikan. Satu kontrak investasi budidaya ikan bisa berbeda-beda tergantung dari jenis ikannya.

Apakah investasi ini bersifat sosial atau komersial?

Bisa keduanya. Anda bisa melakukan investasi yang sifatnya sosial dengan mengharapkan bahwa investasi Anda dapat membantu petani ikan agar keluar dari lingkaran kemiskinan. Atau Anda bisa juga melakukan investasi yang sifatnya komersial dengan berharap agar Anda mendapatkan keuntungan untuk diri Anda sendiri. Keduanya bergantung niat Anda masing-masing.


Berapa keuntungan yang bisa saya harapkan dari berinvestasi di inFishta ini?

Karena investasi perikanan sama dengan investasi sektor riil lainnya, maka kami tidak menjanjikan hasil pada tingkat tertentu. Yang bisa kami berikan adalah best estimate kami berdasarkan statistik analisis ikan yang dibudidayakan.

Semua perhitungan best estimate return (keuntungan) tersaji di masing-masing profil produk investasi (Prospektus investasi), dapat berbeda-beda.


Bagaimana keuntungan bersih dihitung?

Keuntungan didapatkan dari hasil penjualan ikan setelah dikurangi dengan berbagai biaya operasional budidaya atau modal pokok. Modal pokok akan dikembalikan lagi kepada investor setelah periode kontrak investasi budidaya ikan selesai. Proporsi pembagian profit-sharing dari laba bersih adalah 40% untuk investor, 40% untuk petani tambak, dan 20% untuk inFishta. Proporsi bagi-hasil bisa berubah tergantung jenis ikan di lapangan.

Bagaimana perhitungan profit untuk investor secara individu?

Investasi budidaya ikan di inFishta dilakukan secara kolektif karena sumber dana berasal dari crowdfunding (patungan publik). Total profit-sharing untuk investor adalah 40%, total profit-sharing untuk seluruh investor secara kolektif. 

Apabila 1 kolam budidaya membutuhkan pendanaan Rp10.000.000, dan Anda secara individu mentransfer Rp1.000.000,- maka Anda secara individu mendapatkan porsi sebesar 10% dari total profit-sharing investor secara kolektif. Prinsipnya sama seperti pembelian saham, semakin besar Anda membeli jumlah lot maka semakin besar pula perolehan keuntungan Anda.

Bagaimana jika budidaya ikan yang dilakukan gagal panen atau terkena bencana?

Perlu diketahui skema atau akad yang digunakan dalam investasi budidaya ikan di inFishta adalah akad Mudharabah. Terdapat dua peran di dalam akad tersebut, yaitu Shahibul Maal (pemilik modal) dan Mudharib (pengelola modal). Berdasarkan akad tersebut, apabila terjadi kerugian maka akan dibebankan kepada Shahibul Maal (pemilik modal). InFishta dan petani tambak berusaha semaksimal mungkin agar menghasilkan hasil panen ikan yang maksimal dan menguntungkan.

Apa manfaat bagi saya dengan menjadi investor di platform inFishta?

inFishta merupakan investasi yang berdampak. Selain manfaat finansial yang Anda peroleh dari hasil panen ikan, Anda juga turut membantu menyejahterakan petani tambak bangsa Indonesia, meratakan distribusi pendapatan, membantu mengoptimalkan pemanfaatan lahan dan SDA perikanan di Indonesia, memperkuat ketahanan dan kedaulatan pangan konsumsi ikan yang memenuhi sumber gizi masyarakat Indonesia.

 

*Jika ada pertanyaan lain bisa menghubungi kami melalui Hubungi inFishta dibagian kanan bawah website kami :).

Selamat berinvestasi.