Budidaya Rumput Laut – inFishta.beta

Budidaya Rumput Laut

                    

 

Gracilaria Merupakan jenis rumput laut yang dapat dijumpai hampir di semua perairan tropik. Berperanan besar dalam bidang industri dan farmasi diantaranya dalam pembuatan agar-agar. Alga jenis ini sekarang merupakan tanaman budidaya di tambak yang banyak dijumpai di Indonesia tengah dan timur. Rumput laut yang hidup di perairan tambak ini dapat tumbuh dengan baik meskipun dengan cuaca tidak mendukung. Oleh karenanya budidaya rumput laut relatif lebih aman dan tidak berisiko.

Rumput laut ini akan dibudidaya di Muara Gembong, Bekasi Utara dengan lahan 3 hektar dan masa kontrak 3 tahun. Rumput laut bisa dipanen tiga kali setahun disaat cuaca cerah. Layaknya tumbuhan, rumput laut bisa tumbuh terus sepanjang tahun tanpa dipengaruhi cuaca. Panen lebih sering dilakukan ketika cuaca cerah (musim panas), karena rumput laut dijual kering.

Bagian yang dipanen merupakan bagian ujung atau pucuk rumput laut yang masih muda dan tidak sampai ke akar. Bagian akar rumput laut tersebut, bisa tumbuh kembali dan bisa dipanen kembali 4 bulan kemudian. Hasil panen akan langsung dijual ke pabrik pengolahan rumput laut di Bekasi. 

Skema investasi Rumput laut ini menggunakan akad Mudharabah, dimana investor mendapatkan 40% dari profit-bersih setelah dikurangi modal. Karena periode kontrak investasi mencapai 3 tahun, maka akan ada 9 kali panen rumput laut. Perhitungan keuntungan ke-sembilan panen tersebut terdapat di prospektus. 

Kami telah membuat Prospektus investasi Rumput Laut ini, yang memuat informasi detail mengenai skema investasi, struktur biaya, dan estimasi return yang akan di dapatkan investor. Silahkan Anda baca Prospektus tersebut terlebih dahulu jika ingin memulai investasi.

Lihat galeri kolam rumput laut