TIPS TETAP PRODUKTIF DI BULAN PUASA SAAT PANDEMI
TIPS TETAP PRODUKTIF DI BULAN PUASA SAAT PANDEMI
Di post pada: 14 April 2021 11:44  -   Waktu baca: 5 menit

Bulan puasa merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Tapi, bagi sebagian lagi menganggap bulan puasa adalah bulan yang penuh tantangan karena harus menahan lapar dan dahaga di tengah kegiatan yang padat. Tidak heran, banyak orang yang terlihat lesu dan tidak bersemangat bekerja saat sedang menjalani puasa. Kondisi tersebut jika terus menerus berlangsung akan mengganggu pekerjaan kita. Sehingga, beberapa tips di bawah ini akan membuat tetap produktif meskipun sedang berpuasa di masa pandemi. 

1. Perhatikan Menu Makanan Sahur & Buka Puasa
Kegiatan sahur dan buka puasa adalah dua hal yang tidak boleh dilewatkan saat kita sedang menjalankan ibadah puasa. Tidak hanya itu, kita juga perlu memperhatikan menu makanan apa yang akan kita akan disantap pada waktu sahur dan berbuka puasa. Pasalnya, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan berpengaruh pada tingkat produktivitas kita. Sehingga, kita perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan tentunya bergizi terutama saat bulan puasa.
Saat sahur, kita dianjurkan untuk minum air putih secukupnya, konsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran, dan konsumsi makanan yang kaya akan serat dan protein. Sedangkan pada saat berbuka puasa, kita dianjurkan untuk makan secukupnya dan tidak tergesa-gesa. Diawali dengan minum air putih, konsumsi takjil secukupnya,  dan dilanjutkan dengan makan makanan berat setelah menunaikan ibadah sholat maghrib. 

2. Jangan tidur setelah sahur
Kebiasaan tidur setelah makan sahur akan mempengaruhi produktivitas kita dalam bekerja. Selain itu, kebiasaan tidur setelah makan juga akan berdampak pada kesehatan, seperti meningkatkan resiko penyakit lambung, memicu penyakit diabetes melitus, dan sederet ancaman gangguan kesehatan lainnya. 
Setelah melakukan sahur, sebaiknya kita langsung bersiap untuk menunaikan ibadah sholat shubuh dan setelahnya kita mengisi waktu pagi hari untuk mulai mengerjakan pekerjaan yang penting terlebih dahulu. Pada pagi hari juga disarankan untuk melakukan meditasi sebagai upaya untuk melatih kefokusan dan mindfulness.

3. Buat Daftar Kegiatan yang Akan Dilakukan
Sekilas hal ini nampak remeh, namun kegiatan ini akan sangat berguna untuk menjadi guidelines agar semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Kebiasan membuat To Do List ini melatih kita untuk bisa teratur dan disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, kita juga dapat menambahkannya dengan membuat skala prioritas, sehingga kita mengetahui mana pekerjaan yang harus diselesaikan lebih dulu. Jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, maka akan berpengaruh pada peningkatan produktivitas kita dalam bekerja atau pun menyelesaikan urusan lainnya.

4. Istirahat yang Cukup
Baik di kota besar maupun di kota kecil, banyak sekali fakta yang ditemukan bahwa tidak sedikit orang yang merasakan cepat lelah, sulit berkonsentrasi, dan mudah mengantuk saat bekerja di tengah ibadah puasa berlangsung. Hal ini dapat berlangsung disebabkan oleh kurangnya waktu istirahat. Kebiasaan begadang dan pola tidur kacau tidak hanya menurunkan tingkat produktivitas dalam bekerja, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan. Sejumlah gangguan kesehatan seperti meningkatkan resiko stress, meningkatkan risiko penyakit jantung hingga stroke, cepat pikun dan lainnya dapat disebabkan oleh kurangnya waktu istirahat yang dilakukan terus-menerus. Sehingga, sangat penting untuk mengatur waktu istirahat dan pastikan juga waktu istirahat kita cukup agar tidak mengganggu aktivitas seharian di bulan puasa.

5. Olahraga Ringan Menjelang Berbuka
Olahraga penting untuk dilakukan agar membuat tubuh kita rileks dan tentunya menjaga tubuh agar tetap sehat. Pada bulan puasa kita juga dianjurkan untuk melakukan olahraga. Tidak perlu yang berat, olahraga ringan saja sudah cukup untuk meregangkan otot-otot di tubuh kita agar tidak kaku. Waktu sebelum berbuka puasa paling pas untuk melakukan olahraga ringan. Hal ini dilakukan agar mencegah dehidrasi yang berlebihan.


Aktivitas seharian di bulan puasa tentunya tidak mudah bagi sebagian orang yang menjalaninya. Banyak tantangan yang dihadapi selama bulan puasa berlangsung dan mungkin ada saja yang terlewatkan serta tidak sesuai dengan yang direncanakan. Hal ini menjadikan evaluasi sebagai salah satu solusi agar kedepannya bisa lebih baik lagi dan tentunya upaya diri untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di esok hari. Evaluasi perlu diimbangi dengan apresiasi. Setelah selesai mengoreksi diri, kita perlu mengapresiasi diri sendiri atas apa yang sudah dicapai dalam seharian tersebut. Apresiasi kerap hubungannya dengan rasa bersyukur kita kepada Tuhan. Rasa syukur tersebut akan membuat kita lebih mudah menerima kekurangan atau kesalahan yang telah terjadi. Selain itu, rasa syukur juga dapat membangun semangat dan optimisme untuk mewujudkan hari esok yang lebih baik.

Beberapa tips di atas bisa menjadi solusi untuk menjaga produktivitas bekerja di tengah bulan puasa dan masa pandemi. Ibadah dan pekerjaan lancar, penghasilan pun ikut lancar mengalir. 

Tetap produktif dan tentunya jangan lewatkan kesempatanmu untuk menjadi inFishta heroes untuk merasakan pengalaman yang berbeda dalam setiap kegiatannya. 


 

Ditulis oleh: Admin