Tips Memulai Budidaya Udang Bagi Pemula

04 Januari 2019 14:56  -   Waktu baca: 4 menit

Budidaya Udang – Potensi besar usaha budidaya udang memang menjadi magnet tersendiri bagi sebagian besar orang. Besarnya permintaan dan tingginya harga udang tentunya merupakan peluang usaha yang sangat sayang jika tidak dimanfaatkan. Jika anda merupakan salah satu orang yang turut tertarik dalam budidaya udang ini, anda bisa menyimak ulasan berikut ini karena pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa hal seputar budidaya udang yang harus anda ketahui terutama jika anda masih seorang pemula.

 

Mengetahui Jenis-jenis Udang

Ada berbagai jenis udang yang dapat dibudidayakan dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Jadi, sebelum memulai budidaya udang, maka hendaknya anda megetahui terlebih dahulu jenis-jenis udang yang ada dan memilih udang mana yang akan anda budidayakan.

  1. Udang Galah

Udang ini merupakan udang air tawar, dan merupakan salah satu jenis udang terbesar didunia karena memiliki panjang maksimal tubuh hingga 30 cm, warnanya bermacam-macam, ada yang hijau kebiruan, hijau kecoklatan, kuning kecoklatan dan berbercak seperti udang windu tetapi bentuknya lebih bulat.

Udang galah memiliki sifat kanibalisme sehingga lebih sulit perawatannya dibanding jenis udang yang lain. Budidaya udang galah dapat dilakukan di dalam kolam beton, tambak ataupun menggunakan kolam terpal. Harga udang galah ini cukup tinggi dipasaran.

  1. Udang Windu

Udang ini kulitnya tebal dan juga keras, memiliki warna hijau kebiruan dengan garis melintang yang lebih gelap, namun ada juga yang berwarna kemerah-merahan dengan garis melintang coklat kemerahan. Udang windu juga merupakan salah satu udang yang berukuran cukup besar dan banyak dipelihara sekarang ini karena harganya dipasaran amatkah mahal. Namun, anda harus berhati-hati dalam budidaya udang windu ini karena udang ini sering terserang penyakit berupa virus bintik putih atau white spot.

  1. Udang Vannamei

Di Indonesia, udang jenis ini benar-benar sudah menjadi primadona dan banyak di budidayakan walaupun ukurannya paling kecil diantara semua jenis udang tambak yang lain karena dikenal sebagai udang yang dapat dibudidayakan denga tingkat ketahanan yang tinggi terhadap serangan hama penyakit.

 

Mempersiapkan Media Dan Alat Budidaya Udang

Budidaya udang memerlukan tambak untuk tempat budidaya, lokasi tambak harus strategis, bersih dan bebas dari limbah berbahaya. Akan sangat bagus jika tambak berada disekitar pantai karena pantai menyediakan kebutuhan bagi komoditas udang tambak. Setelah media tambak sudah dipilih dan dipersiapkan, selanjutnya anda membutuhkan beberapa peralatan penting yang diantaranya adalah pengadaan bibit udang, wadah dan jerigen, pompa air, drum, jaring, peralatan pembersih kolam, selang dan paralon, timba, dan lain sebagainya. Peralatan tersebut harus anda sediakan agar usaha budidaya udang memberikan hasil yang maksimal.

Nah, itulah beberapa informasi seputar tips budidaya udang bagi pemula yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga uraian diatas bermanfaat dan bisa mejadi tambahan wawasan bagi anda.

Ditulis oleh: Admin