Tips Agar Ikan Budidaya Lebih Cepat Panen
Tips Agar Ikan Budidaya Lebih Cepat Panen
Di post pada: 06 Februari 2019 14:25  -   Waktu baca: 4 menit

Investasi Perikanan – Ikan budidaya memang memiliki banyak peminat, hal inilah yang membuat permintaan terhadap ikan budidaya juga terus meningkat. Ada berbagai jenis ikan budidaya yang disukai masyarakat Indonesia diantaranya ikan lele, ikan mas, ikan gurame, ikan bandeng, dan lain sebagainya. Umumnya, ikan-ikan tersebut memiliki cara dan jangka waktu panen tertentu yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Namun demikian, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar dapat memanen ikan yang anda budidayakan dengan lebih cepat. Dengan memanen lebih cepat, tentunya anda juga bisa menerima hasil keuntungan dengan lebih cepat pula. Sangat menggiurkan bukan? Nah, untuk anda yang ingin tahu cara agar ikan budidaya bisa lebih cepat panen, berikut ini kami punya tipsnya untuk anda.

  1. Beri pakan yang terbaik

Berikan pakan yang terbaik agar asupan nutrisi untuk ikan maximal sehingga ikan akan tumbuh besar lebih cepat dan terhindar dari berbagai penyakit yang akan menghambat pertumbuhan ikan itu sendiri. Pakan terbaik untuk investasi perikanan ini bukan berarti harga pakan harus mahal ataupun eksklusif, akan tetapi pakan terbaik adalah pakan yang sesuai dengan umur dan sesuai dengan jenis ikan itu sendiri. Selain itu, nutrisi dan gizi yang di butuhkan oleh ikan untuk berkembang juga harus terkandung dalam pakan tersebut.

  1. Berikan extra makanan dan vitamin

Agar ikan dapat tumbuh dengan baik, cepat dan juga maximal kita bisa memberikan extra food ataupun vitamin.

  1. Pastikan lingkungan juga mendukung

Lingkungan yang mendukung sering kali terlupakan. Yang dimaksud mendukung disini adalah ketinggian dan suhu air yang pas untuk membudidayakan ikan sesuai dengan jenisnya.

  1. Suhu Air Yang Benar

Seperti yang sudah disinggung di atas, suhu air kolam juga mempengaruhi cepat atau lambatnya pertumbuhan ikan. Jadi ketika memutuskan untuk memulai investasi perikanan, pelajari dan terlitilah terlebih dahulu apabila anda ingin mengembang biakan salah satu jenis ikan karena ikan memiliki karakter yang berbeda-beda.

  1. Berikan takaran makanan yang tepat

Dalam pemberian makan ikan, alangkah baiknya jika mengikuti beberapa petunjuk atau pun takaran pemberian pakan dari orang-orang yang sudah berpengalaman. Untuk jumlahnya pemberian pakan umumnya 3 – 4% dari bobot tubuh ikan itu sendiri

  1. Kelola Air dengan baik

Air kolam tempat ikan dibudidayakan harus benar-benar dikelola dengan baik. Air harus sering diganti agar tidak terlalu keruh dan udara baru bisa ikut mengalir di dalam air. Selain itu, ketinggian kolam juga harus dikontrol agar ketinggian air kolam tidak terlalu rendah sehingga menghambat pergerakan dan perkembangan ikan.

Nah, itulah sedikit tips agar ikan budidaya bisa lebih cepat panen. Semoga uraian diatas bermanfaat dan bisa menjadi tambahan wawasan bagi anda yang akan memulai investasi perikanan.

Ditulis oleh: Admin