Sekilas tentang Udang Vaname yang Menggigit Tangan Pak Jokowi
Sekilas tentang Udang Vaname yang Menggigit Tangan Pak Jokowi
Di post pada: 07 Februari 2019 12:02  -   Waktu baca: 3 menit

Udang vaname – Baru – baru ini publik dihebohkan dengan berita dari dunia air, tepatnya dari salah satu spesies udang. Bak selebriti kondang, udang ini pun seketika menjadi perbincangan hangat di berbagai media dengan cerita kontroversi yang cukup menggemaskan. Ya, nama udang vaname inilah yang kini begitu melangit karena aksi jailnya dengan menggigit tangan orang nomor satu di Indonesia yakni Bapak Presiden Jokowi. Ketika itu, beliau tengah melakukan kunjungan ke sebuah kawasan di Muara Gembong. Di sana, Bapak Presiden mengikuti panen udang yang ada di kawasan tambak udang milik warga. Beliau pun juga ikut menarik jala dan memungut udang – udang yang berserakan untuk dimasukkan ke dalam ember. Namun, salah satu udang tersebut ada yang loncat dan akhirnya tangan Bapak Presiden kita pun kena patil.

Lantas, apa sih sebenarnya udang vaname yang sedang dipanen oleh Bapak Jokowi kemarin? Berikut ulasannya.

Profil Udang Vaname

Masyarakat Indonesia lebih banyak menyebut udang vanname ini dengan sebutan udang putih karena memang warnanya yang nyaris transparan dan terlihat agak keputihan pada bagian luarnya. Udang vanname merupakan udang yang berasal dari perairan pasifik Amerika dan Hawaii. Nama lain dari udang ini ialah Pasific White Shrimp.

Udang vaname banyak dipelihara di kawasan Benua Asia dan bisa dikembangbiakkan dengan sangat baik. Di Indonesia sendiri, kini sudah banyak yang memulai bisnis dengan menjadi salah satu petani udang vanname yang sedang booming ini. Apalagi setelah si udang mungil ini menghebohkan publik dengan aksinya bersama Bapak Jokowi, semakin banyak saja masyarakat yang mengenal udang ini. Bahkan tidak sedikit orang yang sudah lebih dulu memelihara udang windu pada akhirnya beralih menjadi pemelihara udang vanname. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Udang windu yang memang menjadi idola masyarakat tergolong susah untuk dikembangbiakkan akhir – akhir ini sehingga banyak petani udang yang mengeluh hingga akhirnya sebagian dari mereka memutuskan untuk beralih pada udang vanname.

Cara Budidaya Udang Vaname

Udang vaname ini sangat pas untuk dibudidayakn dalam skala besar pada perairan tambak yang luas. Selain itu, udang putih ini pun juga bisa dibudidayakan untuk skala rumah tangga saja dan memang terbukti menguntungkan bagi si petani udang. Usaha rumah tangga selain ikan lele, bisa juga dengan memilih untuk memelihara udang jenis vanname ini. persiapan untuk pemeliharaan udang vanname skala rumah tangga pun juga gampang. Yang perlu disiapkan ialah kolam yang akan digunakan untuk pembudidayan udang vaname. Pastikan kolam benih dan kolam udang dewasa dibedakan agar lebih mudah dalam proses pemilihan baik antara benih dan yang siap panen. Selain itu, pH air dan asupan nutrisinya pun diharapkan agar diperhatikan dengan baik juga agar proses panen bisa terwujud maksimal.

Ditulis oleh: Admin