Peluang Usaha Pembibitan Budidaya Udang Vanamei
Peluang Usaha Pembibitan Budidaya Udang Vanamei
Di post pada: 06 Februari 2019 14:23  -   Waktu baca: 3 menit

Udang Vanamei – Seiring dengan meningkatnya kebutuhan terhadap udang vanamei di pasaran, tentunya membuat permintaan terhadap udang jenis ini pun juga kian meningkat. Peminat udang vanamei dapat dibilang sangat tinggi, mulai dari konsumsi rumah tangga hingga dengan kebutuhan berbagai bisnis kuliner. Rasa daging udang vanamei memang manis dan sekaligus gurih. Maka tak heran jika menu masakan yang dihasilkan dari bahan udang vanamei ini memang dapat menghasilkan cita rasa yang nikmat menggoyang lidah. Selain itu harga jualnya yang tinggi juga membuat udang ini laku keras di pasaran. Hal inilah juga yang menjadikan usaha pembibitan udang vanamei sebagai salah satu usaha yang memiliki potensi peluang keuntungan besar.

 

Prospek Cerah Usaha Pembibitan Udang Vanamei Memiliki

Apabila dibandingkan dengan udang jenis lainnya, resiko kerugian budidaya udang vanamei memang lebih rendah. Ini karena karakteristik yang dimiliki udang vaname, yaitu memiliki adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan dengan suhu rendah maupun perubahan sanitasi. Selain itu, laju pertumbuhan udang jenis ini juga relatif cepat, terutama di bulan pertama dan kedua. Melihat banyaknya keunggulan dari udang jenis ini, maka tak perlu diragukan lagi potensi dan prospektif untuk budidaya udang vanamei ini ke depannya. Bukan hanya masa depan pembesaran saja yang prospeknya bagus, namun budidaya pembibitan udang vanamei ini pun juga memiliki prospek yang cerah.

Bibit udang vanamei memiliki harga yang stabil dan pemasaran yang mudah. bahkan, hanya dalam kurun waktu 15 hari sejak telur udang vaname ditebar di kolam, vaname sudah berukuran PL 6 atau post larva, sehingga sudah bisa dipanen dan kemudian dijual kepada petani pembesaran udang vanamei.

 

Tips Sukses Pembibitan Udang Vanamei

Dalam usaha pembibitan udang vanamei ini diperlukan ketlatenan dan juga perhatian ekstra karena tiap tahapan perubahan anakan udang vaname memiliki cara pemberlakukan yang berbeda-beda. Misalnya pada tahap Nobli, udang vaname harus diberi pakan berupa planton setiap 2 – 3 jam sekali. Setelah usia soya, pakan yang diberikan berupa flake atau sejenis powder yang terbuat dari sari-sari ikan. Sedangkan ketika sudah menjadi post larva, makanan udang vanamei kembali diganti.

Selain membutuhkan perhatian yang ekstra, salah satu tips keberhasilan usaha pembibitan vaname ini adalah selalu rajin mengontrol kadar ph air dan juga kadar garam dalam air. Menurut Rizal, udang vaname ini kerasan jika media stabil, ph yang paling bagus untuk anakan udang vaname ini adalah 32, sedangkan kadar garamnya 29. Selain itu, blower untuk suplly oksigen untuk anakan vaname tidak boleh berhenti, oksigen harus tetap menyala selama 24 jam nonstop.

Nah, itulah tadi sedikit uraian seputar peluang usaha pembibitan budidaya udang vanamei yang bisa kami bagika pada artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Ditulis oleh: Admin