MIRIP DENGAN IKAN CAKALANG-KEDUANYA KERAP DIANGGAP SAMA
MIRIP DENGAN IKAN CAKALANG-KEDUANYA KERAP DIANGGAP SAMA
Di post pada: 19 Januari 2021 15:18  -   Waktu baca: 4 menit
Serupa tapi tak sama, itulah sebutan yang tepat untuk ikan cakalang dan ikan tongkol. Ikan yang sama-sama berasal dari family yang sama ini memang memiliki kesamaan. Meskipun begitu, tidak sulit juga untuk membedakannya.

Ikan menjadi salah satu hidangan yang kaya akan protein. Selain sebagai sumber protein, ikan juga memiliki kandungan gizi lainnya seperti mineral, vitamin dan asam omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan otak, mata, jantung dan organ lainnya.

Salah satu ikan yang cukup sering dikonsumsi dan familiar di telinga masyarakat ialah ikan cakalang. Ikan ini tidak begitu sulit ditemui baik di pasar tradisional atau pun di supermarket. Harganya yang masih bisa dibilang terjangkau dan kandungan nutrisi yang banyak membuatnya disenangi oleh banyak kalangan.

Ikan Cakalang atau Katsuwonus Pelamis merupakan komoditas ekspor perikanan terbesar dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Biasanya, ikan cakalang dipasarkan atau dijual dalam kondisi segar, beku dan olahan. Olahan ikan cakalang bisa berbentuk ikan kaleng atau sarden, ikan asap dan ikan kering.

Kaldu ikan atau Dashi di Jepang merupakan salah satu contoh masakan dari negeri sakura yang memanfaatkan ikan ini sebagai bahan utamanya.

Selain ikan cakalang, ikan lainnya seperti ikan tongkol (Euthynnus sp.) juga memiliki manfaat yang serupa dan rasa yang tak kalah lezatnya. Mengingat kedua ikan tersebut berasal dari famili yang sama yaitu Scrombidae maka tidak heran banyak masyarakat Indonesia yang mengira bahwa keduanya merupakan ikan yang sama.

Ikan cakalang dan ikan tongkol merupakan ikan yang sama-sama hidup di perairan pelagis dan mencari makan di sekitar terumbu karang.

Meskipun terlihat mirip dan sering dianggap sama oleh banyak masyarakat, namun kedua ikan memilki beberapa perbedaan. Tentunya, bagi orang yang awam terhadap bidang perikanan, perbedaan ini sangat penting diketahui agar tidak salah sebut saat di pasar nanti.

Yuk simak perbedaan dari kedua ikan ini.

Warna dan Bentuk Tubuh

Secara fisik, ikan cakalang memiliki ciri bagian punggung berwarna biru kehitaman (gelap), dan di bagian perut (bawah) berwarna terang dengan 4 – 6 buah garis hitam yang memanjang pada bagian samping badan. Warna yang dimiliki ikan cakalang cenderung lebih terang dibanding warna pada ikan tongkol. Oleh karena itu, ikan cakalang kerap disebut tongkol putih bagi beberapa masyarakat di pasar tradisional karena memang terlihat sangat mirip keduanya. Selain itu, ikan cakalang memilki badan yang sedikit lebih besar dan gemuk dibanding ikan tongkol.

Sementara ikan tongkol memiliki ciri yaitu warna yang agak gelap dan memiliki bentuk yang langsing. Ikan tongkol memiliki warna punggung biru gelap agak metalik dan terdapat pola garis-garis yang unik. Warna dan bentuk tubuh ikan tongkol dan ikan cakalang sangatlah mirip.

Tekstur atau Daging

Ikan cakalang memiliki tekstur yang lebih halus dibanding ikan tongkol. Ikan tongkol memiliki tekstur kasar, yang terkadang memicu rasa gatal pada tenggorokan bagi beberapa orang yang tergolong sensitif.

Biasanya, ikan cakalang diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti gulai, fufu (asap), balado, rica-rica, dan lainnya. Masyarakat di daerah Maluku dan Sulawesi menjadikan ikan cakalang sebagai hidangan favorit. Berbeda halnya dengan ikan tongkol, ikan ini lebih banyak disenangi masyarakat di pulau Jawa dan Sumatera.

Satu hal yang menarik dari ikan tongkol adalah ikan tongkol juga serig dijual dalam bentuk pindang. ‘Pindang tokol’ adalah ikan tongkol yang dikukus supaya awet. Bentuk pindang ini biasanya memilki rasa gurih karena telah digarami.

Kisaran Harga

Baik ikan cakalang atau pun ikan tongkol harganya masih dibilang terjangkau. Namun, memang ikan cakalang relatif lebih mahal dibanding ikan tongkol meski tidak semahal ikan tuna tentunya.

Akhir tahun lalu, harga rata-rata ikan cakalang segar berkisar Rp 40.000 per 1 kilogramnya, Sedangkan, harga rata-rata ikan tongkol segar berkisar Rp 25.000 per 1 kilogram. Harga di setiap daerah memungkinkan adanya selisih harga yang disebabkan oleh berbagai macam faktor.
Berbeda halnya dengan ikan cakalang segar dan ikan tongkol segar, olahan kedua ikan ini pun memiliki harga yang bervariasi. Misalnya, ikan cakalang asap berkisar Rp 45.000 per setengan kilogramnya dan harga olahan ikan tongkol asap berkisar Rp 23.000 per pack.

Setelah membaca artikel ini, semoga sahabat inFishta tidak salah membedakan ikan caklang dan ikan tongkol ya 😊

 

Ditulis oleh: Admin