Keunggulan Udang Vanamei
Keunggulan Udang Vanamei
Di post pada: 06 Februari 2019 14:24  -   Waktu baca: 4 menit

Udang Vanamei – Udang vanamei merupakan salah satu jenis udang yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Hal ini karena tingginya permintaan dari restoran dan juga rumah makan yang menyajikan menu olahan seafood. Udang vanamei memang sangat nikmat jika diolah ke dalam berbagai jenis menu makanan.

Selain itu, Udang vanamei ini juga banyak disukai pembudidaya karena kemampuan daya tahan tubuhnya dalam menghadapi penyakit yang cukup tinggi, sehingga tingkat kematiannya pun juga rendah. Selain itu udang vaname juga memiliki tingkat produktifitas yang cukup tinggi.

Udang vanamei juga memiliki kemampuan untuk memanfaatkan seluruh bagian dari tambak, baik itu dari dasar tambak hingga ke lapisan permukaan. Oleh karena kemampuannya itulah, udang vanamei ini dapat dipelihara di tambak dengan kondisi padat tebar yang tinggi. Selain kemampuannya dalam memanfaatkan ruang secara efektif, udang vaname ini juga memilki kemampuan untuk dapat memanfaatkan pakan secara efisien.

Bahkan, udang vaname juga memiliki kemampuan untuk matang gonad di dalam tambak, sehingga sangat memudahkan para pembudidaya untuk menyiapkan bakal indukan dalam usaha pembenihan udang vanamei.

 

Udang Vanamei Digolongkan Ke Dalam Varieties Unggul

Di Indonesia, udang vanamei ini dianggap sebagai varietas udang unggulan karena mempunyai beberapa kelebihan yang diantaranya adalah:

  • Memiliki daya tahan yang baik terhadap perubahan kondisi lingkungan.
  • Memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap penyakit
  • Memiliki laju pertumbuhan yang lebih cepat
  • Memiliki derajat kehidupan yang tergolong tinggi.
  • Hemat pakan
  • Waktu pemeliharaanya yang relatif cukup pendek, yaitu berkisar antara 90 hingga 100 hari, dalam sekali siklus.

 

Manfaat Mengonsumsi Udang Vanamei

Udang vanamei merupakan komoditiperikanan yang sangat nikmat di olah ke dalam berbagai jenis menu masakan. Selain nikmat rasanya, udang vanamei juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas. Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa informasi seputar manfaat mengonsumsi udang vanamei bagi anda.

Salah satu manfaat mengonsumsi udang vanamei ialah kandungan proteinnya yang rendah lemak. Dalam takaran 3 ons atau kira-kira 15 hingga 16 udang besar hanya mengandung 19gram protein, 101 kalori, dan 1,4 gram lemak total. Dalam daging udang vanamei juga terkandung kalsium, potassium dan juga fosfor yang merupakan sumber vitamin A dan E yag baik untuk tubuh.

Selain itu, lemak yang terdapat pada udang vanamei merupakan sumber lemak tak jenuh yangmana bagus untuk tubuh. Lemak tak jenuh bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam darah. Udang pun juga merupakan sumber makanan laut yang memiliki kandungan asam lemak omega 3. Lemak omega 3 alami ini diketahui dapat mengurangi resiko peradangan dan penyakit jantung

Nah, itulah ulasan tentang berbagai keunggulan udang vanamei yang bisa kami bagikan pada artikel kali ini. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Ditulis oleh: Admin