Kandungan Gizi Udang Bagi Kesehatan
Kandungan Gizi Udang Bagi Kesehatan
Di post pada: 04 Januari 2019 11:41  -   Waktu baca: 4 menit
Salah satu manfaat mengonsumsi udang ialah kandungan proteinnya yang rendah lemak

Udang – Udang adalah salah satu dari kekayaan laut yang banyak terdapat di Indonesia. Udang sangat nikmat di masak dalam berbagai jenis menu masakan. Selain itu, udang juga dapat diolah menjadi bahan makanan lain, seperti terasi dan juga kerupuk. Selain nikmat rasanya, udang juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas. Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa informasi seputar manfaat mengonsumsi udang dan sekaligus bahayanya jika dikonsumsi secara berlebihan.

 

Kandungan Gizi Dan Manfaat Mengonsumsi Udang

Salah satu manfaat mengonsumsi udang ialah kandungan proteinnya yang rendah lemak. Dalam takaran 3 ons atau kira-kira 15 hingga 16 udang besar hanya mengandung 19gram protein, 101 kalori, dan 1,4 gram lemak total. Dalam daging udang juga terkandung kalsium, potassium dan juga fosfor yang merupakan sumber vitamin A dan E yag baik untuk tubuh.

Selain itu, lemak yang terdapat pada udang merupakan sumber lemak tak jenuh yangmana bagus untuk tubuh. Lemak tak jenuh bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam darah. Udang pun juga merupakan sumber makanan laut yang memiliki kandungan asam lemak omega 3. Lemak omega 3 alami ini diketahui dapat mengurangi resiko peradangan dan penyakit jantung

 

Bahaya Mengonsumsi Udang Kebanyakan

Meskipun mengandung protein yang baik untuk tubuh, udang juga mengandung kolesterol yang tinggi. Seporsi kecil 3,5 ons udang mengandung sekitar 200 mg kolesterol bagi tubuh dalam sekali santap. Bagi orang yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantung, angka ini sudah memenuhi jatah asupan kolesterol untuk sehari penuh. Sedangkan untuk orang lain, angka tersebut merupakan batas wajarnya.

Udang juga merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan sodium cukup tinggi. Mengonsumsi udang dengan jumlah yang banyak sama dengan mengonsumsi sodium kebanyakan yangmana dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi dan osteoporosis.

Selain itu, udang merupakan hasil kekayaan laut yang sering di ekspor-impor ke berbagai wilayah di belahan dunia, sehingga seringkali udang harus diawetkan dengan menggunakan bahan-bahan tertentu yang salah satunya adalah 4-heksilresorinol, pengawet ini dipakai untuk mencegah perubahan warna pada udang.

4-heksilresorinol ini sebenarnya mengandung zat xenoestrogen yang terbukti dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita dan juga mengurangi jumlah sperma pada pria. Sedangkan menurut sebuah studi yang diterbitkan di Environmental Health mengemukakan bahwa paparan lingkungan terhadap xenoestrogen terkait dengan beberapa bahaya penyakit kanker seperti kanker paru-paru, pancreas, ginjal dan otak.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang kandungan gizi udang bagi kesehatan yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini. Dari ulasan tersebut dapat kita ketahui bahwa mengonsumsi udang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, jika udang di konsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak justru bisa berbahaya bagi tubuh. sekian semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Admin