Jenis Udang Budidaya yang Potensial
Jenis Udang Budidaya yang Potensial
Di post pada: 04 Januari 2019 14:47  -   Waktu baca: 5 menit
Banyaknya masyarakat yang mulai membudidayakan udang ini karena munculnya kesadaran mereka akan potensi udang yang sangat mahal harganya baik di pasar domestic maupun pasar ekspor

Udang – Udang merupakan komoditas unggulan bidang budidaya perikanan yang prospeknya cerah. Ada berbagai jenis udang air tawar, air payau, dan juga air laut yang mulai dapat dibudidayakan dan berhasil. Lokasi budidaya udang sendiri secara umum sekarang ini sudah tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Banyaknya masyarakat yang mulai membudidayakan udang ini karena munculnya kesadaran mereka akan potensi udang yang sangat mahal harganya baik di pasar domestic maupun pasar ekspor. Terlebih, potensi pengembangan budidaya udang ini sangat mudah dan sangat terbuka karena Indonesia memiliki perairan yang sangat mendukung budidaya tambak.

 

Berbagai Jenis Udang Yang Di Budidayakan Di Indonesia

Berikut ini merupakan beberapa jenis udang yang berhasil dibudidayakan dan juga memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

  1. Udang Putih

Udang putih ini memiliki karakteristik kulit tipis dan licin, warnanya putih kekuningan dengan bintik hijau dan ada juga yang berwarna kuning kemerahan.

  1. Udang Windu

Udang ini kulitnya tebal dan juga keras, memiliki warna hijau kebiruan dengan garis melintang yang lebih gelap, namun ada juga yang berwarna kemerah-merahan dengan garis melintang coklat kemerahan.

  1. Udang Vannamei

Udang vannamei adalah jenis udang yang dikenal sebagai udang yang dapat dibudidayakan denga tingkat ketahanan yang tinggi terhadap serangan hama penyakit.

  1. Udang rostris

Udang rostris memiliki tubuh berwarna biru, mempunyai rostrum bergigi 7 di bagian dorsal dan 1 gigi lunak di bagian ventral, duri kecil ditemukan pada tepi posterior segmen abdomen kelima.

  1. Udang Barong

Udang ini ukurannya ada yang besar dan kulitnya keras. Pada udang barong, warnanya bermacam-macam, ada yang hijau, coklat, coklat kemerahan dan hitam kebiruan, biasanya berbintik-bintik putih, merah atau coklat.

  1. Udang Galah

Udang ini adalah udang air tawar, memiliki panjang maksimal tubug hingga 30 cm, warnaynya bermacam-macam, ada yang hijau kebiruan, hijau kecoklatan, kuning kecoklatan dan berbercak seperti udang windu tetapi bentuknya lebih bulat.

  1. Lobster Air Tawar

Lobster air tawar memiliki ciri- ciri morfologi tubuh terbagi dalama 2 bagian, yakni kepala dan badan. Cangkang yang menutupi kepala disebut karapak yang berperan dalam melindungi organ tubuh, seperti otak, insang, hati, dan lambung.

 

Potensi Budidaya Udang

Banyaknya permintaan terhadap udang pada dunia kuliner sekarang ini tentunya menjadi potensi peluang usaha budidaya yang besar dan menjanjikan. Harga jual udang yang terbilang tinggi dipasaran tentunya kan sangat menguntungkan para petani udang. Udang-udang ini bahkan dapat dibudidayakan di air tawar, air payau maupun air laut. Budidaya udang ini memang cukup mudah dilakukan terlebih jika anda menemukan sistem yang paling sesuai dengan lingkungan anda.

Nah, demikianlah sedikit informasi terkait udang yang dapat dibudidayakan di Indonesia yang mampu memberikan prospek cerah bagi para petani bidang budidaya perikanan. Sekian, semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Admin