Jenis Ikan Paling Popular Untuk Investasi Perikanan Air Tawar
Jenis Ikan Paling Popular Untuk Investasi Perikanan Air Tawar
Di post pada: 06 Februari 2019 14:19  -   Waktu baca: 4 menit

Investasi Perikanan – Banyaknya permintaan terhadap ikan air tawar ini tentunya menjadi potensi peluang usaha budidaya yang bisa dibilang besar dan menjanjikan.  Ada beberapa jenis ikan yang banyak disukai masyarakat sehingga banyak dibudidayakan oleh petani ikan sekarang ini. Beberapa jenis ikan tersebut menyumbang lebih dari 80 persen dari total produksi perikanan di Indonesia. Berikut ini merupakan sekilas info seputar jenis-jenis ikan air tawar yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia yang harus anda tahu.

  1. Ikan lele

Ikan lele yang memiliki nama latin Clarias sp. ini merupakan jenis ikan air tawar yang sangat populer. Ikan ini sangat disukai karena dagingnya yang lunak, durinya yang sedikit dan juga harganya yang murah. Peternak ikan lele pun menyukai ikan ini karena perawatannya yang cukup mudah dan cepat besar. Jenis ikan lele cukup banyak.

Lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang bagus dalam investasi perikanan karena efesien untuk dibudidayakan. Rasio pakan menjadi daging ikan lele dapat mencapai 1:1 yang artinya setiap pemberian pakan sebanyak 1 kg dapat dihasilkan 1 kg per tambahan berat ikan lele.

  1. Ikan mas

Ikan mas atau Cyprinus carpio ini dipercaya datang dari Eropa dan Tiongkok ke Indonesia. Ikan ini telah berkembang menjadi salah satu jenis ikan budidaya yang paling banyak diminati karena ikan mas sangat cocok dikembangkan di lingkungan tropis seperti Indonesia. Suhu ideal bagi pertumbuhan ikan mas ini antara 23-30 derajat celcius. Secara total proses budidaya sampai ukuran siap konsumsi membutuhkan waktu 4-5 bulan.

  1. Ikan patin

Sekarang ini kebutuhan ikan patin budidaya terus meningkat sehingga belum dapat dipenuhi oleh petani ikan di Indonesia. Patin dapat dibesarkan dengan kepadatan 20 sampai 30 ekor per meter kubik. Tidak ada patokan ukuran ikan patin siap konsumsi karena tergantung dengan selera pasar masing-masing daerah. Umumnya, pembudidaya membesarkan ikan patin selama 6 bulan, namun khusus untuk pasar ekspor akan lebih lama karena membutuhkan ukuran yang lebih besar lagi.

  1. Ikan nila

Ikan nila merupakan ikan air tawar yang mudah dipelihara dan gangguan penyakitnya tidak begitu banyak sehingga memiliki resiko kerugian yang rendah dalam investasi perikanan. Nila merupakan jenis ikan air tawar dengan pertumbuhan yang cepat. Bahkan, nila jenis unggul pertumbuhannya bisa mencapai 4,1 gram per hari. Dibutuhkan waktu antara 4-6 bulan untuk membesarkan ikan nila sampai ukuran siap konsumsi.

  1. Ikan gurame

Ikan gurame merupakan jenis ikan konsumsi yang banyak disukai. Banyak restoran maupun rumah makan yang menyediakan olahan ikan gurame dengan harga yang cukup tinggi. Untuk ukuran konsumsi, ikan gurame dibesarkan hingga mencapai 0,5-1 kg per ekor.

Okay, sekian informasi seputar jenis ikan paling popular untuk investasi perikanan air tawar yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Admin