FAKTA MENARIK UDANG, HEWAN AIR RENDAH KALORI
FAKTA MENARIK UDANG, HEWAN AIR RENDAH KALORI
Di post pada: 21 April 2021 14:43  -   Waktu baca: 4 menit

Udang merupakan salah satu komoditas unggulan dalam sektor perikanan. Rasanya yang lezat serta kandungan gizi yang banyak membuat udang menjadi menu favorit bagi banyak masyarakat. Selain itu, mengkonsumsi udang juga memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan. 

Menariknya, hewan air ini memiliki banyak sekali spesies dan ukuran yang bervariasi. Ukuran udang yang sangat kecil hingga sangat besar dapat kita temukan. Selain itu, masih banyak fakta menarik lainnya dari udang ini. Apa saja ya kira-kira? Yuk, simak faktanya di bawah ini!

1. Tinggi Protein, Rendah Kalori

Pada 100 gr udang segar mengandung sebesar 21 g protein dan 0.10 g karbohidrat. Hal tersebut menjadikan udang sebagai salah satu menu makanan yang dapat membantu proses penurunan berat badan. Selain itu, kandungan proteinnya yang tinggi juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, diantaranya sebagai sumber energi, pembentukan hormon dan menjaga kekebalan tubuh.

 2. Cara Komunikasi yang Unik 

Udang sama seperti makhluk hidup lainnya yang memerlukan komunikasi untuk memenuhi salah satu kebutuhan hidupnya. Mereka dianggap memiliki cara berkomunikasi yang cukup unik. Capit yang dimiliki udang merupakan alat untuk berkomunikasi dengan sesama udang. Mereka saling menyentak kedua capitnya sehingga akan menghasilkan suara.

3. Suka Mengganti Cangkang

Hewan air ini sering melakukan pergantian kulit cangkang atau molting. Frekuensi molting pada udang juvenile lebih banyak dibandingkan udang yang telah dewasa. Menariknya, molting pada udang juvenile dilakukan sangat sering, yaitu  setiap 10 hari. Fakta lainnya adalah, proses molting beriringan dengan pertumbuhan umurnya. Selain itu, molting juga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari produksi hormon ekdisteroid dan Molt Inhibiting Hormon (MIH). Sedangkan faktor eksternal terdiri dari keberadaan stressor, kondisi temperatur, nutrisi, dan photoperiod.

4. Sang Perenang Handal 

Udang memang tidak memiliki sirip seperti ikan, namun kemampuan berenangnya tidak perlu diragukan lagi. Udang berenang lincah menggunakan ekor, otot perut, dan kaki-kaki kecilnya. Saat dalam keadaan terancam, udang bergerak lebih lincah dan berenang mundur menjauhi hewan pemangsa.

5. Memiliki Jantung dan Darah

Darah pada udang diketahui berwarna kekuningan bahkan tidak berwarna. Pasalnya, udang tidak memiliki hemoglobin sehingga darah udang tidak berwarna merah. Selain keberadaan darah yang dianggap unik, udang juga ternyata memiliki jantung. Jantung pada udang terletak pada bagian depan kepalanya.

6. Salah Satu Allergen

Menu udang di meja makan sangat ditunggu oleh banyak orang yang tidak memiliki alergi terhadap udang. Pasalnya, udang memang dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang-orang tertentu.  Alergi akibat udang dan menimbulkan reaksi ringan dan berat. Gatal-gatal, sakit perut dan mual merupakan tanda alergi dengan reaksi ringan. Sedangkan reaksi berat akibat alergi ini dapat berisiko kematian, atau biasa disebut dengan anaphylaxis.

 

Semoga bermanfaat!

 

Ditulis oleh: Admin