Dampak Positif inFishta untuk Masyarakat
Dampak Positif inFishta untuk Masyarakat
Di post pada: 29 April 2021 19:32  -   Waktu baca: 4 menit

 

inFishta, sebuah startup atau perusahaan rintisan yang berdiri sejak tahun 2017. Perusahaan rintisan ini berfokus pada kegiatan perikanan baik kegiatan budidaya maupun trading atau jual-beli hasil perikanan. inFishta menjadi solusi untuk pelaku usaha perikanan untuk memajukan usahanya. Selain itu, inFishta juga hadir di tengah masyarakat dengan tekad untuk membangun sinergitas yang menguntungkan bagi semua pihak yang terkait. Tidak hanya memberi manfaat bagi pelaku usaha perikanan, tapi juga memberikan kesempatan bagi masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan usaha para pelaku usaha perikanan yang bekerja sama dengan inFishta.

 

Hingga April 2021, tercatat dana inFishta yang tersalurkan mencapai lebih dari 13 Milyar kepada sejumlah mitra inFishta. Keseluruhan dana yang telah tersalurkan pada mitra inFishta telah meningkatkan sebanyak empat kali lipat produksi ikan. Peningkatan produksi ikan tersebut terjadi di hampir semua komoditas ikan yang dikelola oleh mitra inFishta. 

“Perlahan, tapi pasti” merupakan gambaran bagi inFishta dalam menjalankan misinya untuk memajukan perikanan Indonesia yang berdampak sosial. Lalu, apa saja dampak sosial yang inFishta berikan pada masyarakat? 

 

1. Membuka Lapangan Pekerjaan

Kehadiran inFishta di beberapa site lapangan inFishta dinilai memberikan pengaruh yang positif karena dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar. Bertambahnya lapangan pekerjaan tentunya akan mengurangi angka pengangguran dan mengentaskan angka kemiskinan. Selain itu, inFishta juga memberikan memberdayakan para perempuan nelayan agar lebih mandiri secara finansial. “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” merupakan istilah yang tepat untuk menggambarkan perjalanan inFishta menjadi solusi dalam mengurangi pengangguran dan mengentas kemiskinan.

 

2. Meningkatkan Kesejahteraan Pelaku Usaha Perikanan

Perekonomian yang meningkat akan mendorong terwujudnya kualitas hidup yang lebih baik. Melalui peningkatan ekonomi, keberadaan inFishta di tengah masyarakat dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan hidup pelaku usaha perikanan yang bekerja sama dengan inFishta. 

 

3. Edukasi Perikanan Berkelanjutan

Manfaat ini dirasakan oleh pelaku usaha perikanan itu sendiri dan masyarakat umum. Pelaku usaha perikanan dibekali dengan edukasi perikanan yang berkelanjutan dimana praktik yang dilakukan diupayakan agar ramah lingkungan dan memanfaatkan berbagai macam teknologi dalam keberlangsungannya. Pelaku usaha perikanan diajak untuk lebih melek informasi terbaru agar dapat menghasilkan ikan yang berkualitas dan layak untuk diekspor. Selain pelaku usaha perikanan, masyarakat umum pun dapat memperoleh manfaatnya melalui informasi yang disajikan dalam beberapa platform media sosial inFishta maupun atau artikel di website inFishta.

 

4. Edukasi literasi dan inklusi keuangan

Literasi keuangan dan inklusi keuangan ini digunakan untuk mempelajari jasa keuangan yang beredar dalam masyarakat untuk membantu pelaku usaha dalam menggunakannya dalam membangun dan menjalankan usahanya. Efek positif dari inklusi keuangan tersebut akan dirasakan banyak masyarakat saat layanan keuangan yang tersedia dapat mudah diakses dan menjangkau masyarakat luas. inFishta menjadi salah perusahaan yang menerapkan inovasi digital di bidang perikanan yang memberikan kemudahan bagi pelaku usaha perikanan dalam mengakses modal untuk menjalankan usahanya. inFishta berharap dapat menjangkau masyarakat lebih luas, sehingga manfaat yang diberikan akan semakin banyak dan perekonomian masyarakat Indonesia juga akan akan semakin cepat bertumbuh.

 

Beberapa dampak positif tersebut tentunya inFishta akan kembangkan kembali agar dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas. 

 

Ditulis oleh: Admin