Cara Memulai Usaha Budidaya Udang Tambak

04 Januari 2019 14:51  -   Waktu baca: 5 menit

Tambak – Apakah anda tertarik ingin memulai bisnis tambak? Permintaan pasar yang besar terhadap produk hasil tambak baik itu ikan, udang maupun rumput laut dan harga jualnya yang tinggi memang membuat bisnis ini laku keras di pasaran. Hal inilah yang menjadikan produk tambak sebagai salah satu komoditi hasil perikanan yang menguntungkan. Potensi peluang usaha budidaya produk tambak pun kini juga makin besar. Oleh karenanya tidak heran jika banyak orang yang ingin terjun dalam bisnis ini. Bagi anda yang ingin memulai bisnis tambak, anda bisa membaca ulasan berikut ini karena pada artikel kali ini kami akan membahas berbagai hal seputar cara budidaya udang tambak yang bisa anda jadikan referensi.

 

Langkah Mempersiapkan Media Budidaya Udang Yang Baik

Berikut ini merupakan langkah cara mempersiapkan media budidaya udang yang baik.

  • Media lahan yang digunakan bersih dan juga bebas dari limbah berbahaya.
  • Mulai untuk membuat media berupa tambak- tambak kecil ataupun besar.
  • Lakukanlah pembalikan ataupun penggemburan tanah sembari mengukur pH tanah. Jika pH terlalu asam, lakukan pengapuran hingga pH tanah netral.
  • Setelah tanah siap, biarkan selama kurang lebih 3 hari sampai tanah gersang dan tampak pecah- pecah.
  • Berikan pupuk kandang kering dengan ketebalan 5 cm - 10 cm untuk mengembalikan kesuburan tanah, biarkan lagi selama 3 hari.
  • Masukkan air ke tambak, air yang baik yaitu air payau dengan suhu antara 260c - 300c dan usahakan juga agar salinitas air mencapai 33 ppt.
  • Masukkan air dengan ketinggian 10 cm - 25 cm dan biarkan selama 4 hingga 7 hari untuk menumbuhkan plankton yang merupakan makanan alami udang tambak.
  • Masukkan air lagi sampai ketinggian 80 cm pada tambak.
  • Lalu anda bisa memasukkan bibit udang tambak.

 

Memilih Lokasi Tambak Terbaik Untuk Budidaya

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lokasi tambak juga sangatlah penting. Berikut ini merupakan lokasi-lokasi budidaya produk tambak yang baik.

  1. Terletak di daerah pantai

Lokasi tambak harus terletak di daerah dekat pantai karena daerah dekat pantai menyediakan kebutuhan yang baik untuk kehidupan komoditas tambak.

  1. Memiliki Greenbelt

Green belt adalah sebutan untuk kawasan hutan mangrove yang ada di sekitar pesisir pantai. Tanah yang ditumbuhi oleh tumbuhan-tumbuhan bakau umumnya subur sehingga cocok untuk areal pertambakan. Selain itu, vegetasi mangrove juga berfungsi menahan air pasang agar tidak menggerus tanah sekitar lokasi tambak.

  1.  Dekat dengan sentra perekonomian masyarakat

Lokasi tambak udang yang baik yaitu dekat dengan sentra perekonomian masyarakat agar mudah mencari sumber tenaga kerja yang paham betul mekanisme dunia pertambakan dari hulu sampai ke hilir sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Nah, demikianlah sedikit ulasan tentang cara memulai usaha budidaya udang Tambak yang bisa kami bagikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Admin