Cara Mempersiapkan Tambak Udang yang benar

04 Januari 2019 14:53  -   Waktu baca: 4 menit
Budidaya udang-udang tambak ini kini menjadi sangat menjanjikan dengan potensi keuntungan yang sangat bagus dan cerah

Tambak udang – Budidaya udang tambak memang sedang banyak digemari sekarang ini. Olahan masakan dengan bahan dasar udang tambak memang mampu menggoyang lidah setiap orang yang merasakannya. Bahkan tanpa diolah dengan berbagai bumbu pun udang tambak ini sudah memiliki citarasa asli yang gurih dan manis. Oleh karenanya permintaan terhadap udang tambak inipun juga terus meroket.

Ada berbagai jenis udang yang dapat dibudidayakan di tambak dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi, diantaranya udang windu, udang galah dan udang vanamei. Budidaya udang-udang tambak ini kini menjadi sangat menjanjikan dengan potensi keuntungan yang sangat bagus dan cerah. Untuk anda yang juga ingin memulai bisnis tambak udang dan mencicipi manisnya keuntungan dari bisnis ini, anda bisa menyimak uraian berikut ini karena kami akan membagikan info seputar tambak udang yang pastinya menarik dan bermanfaat.

 

Lahan Yang Bagus Untuk Dibuat Tambak Udang

Salah satu hal yang paling utama dalam langkah awal budidaya udang adalah menyiapkan tempat budidaya dengan baik, baik itu dari segi lingkungan, maupun bibit hewannya. Lahan yang bagus untuk dijadikan tambak udang adalah yang bersih dan juga bebas dari limbah berbahaya. Untuk lokasinya yang paling cocok adalah yang berada di daerah pantai karena pantai menyediakan kebutuhan yang baik untuk kehidupan komoditas tambak. Pantai yang dipilih juga yang mempunyai tanah bertekstur liat atau pun liat berpasir sehingga mampu menahan air dan tidak mudah pecah. Akan lebih bagus lagi jika pantai tersebut memiliki greenbelt, atau hutan mangrove sehingga dapat melindungi tambak dari erosi gelombang air laut.

 

Langkah Yang Benar Dalam Mempersiapkan Tambak Udang

  • Keringkan tambak terlebih dahulu hingga air yang terdapat didalam tambak benar-benar kering.
  • Biarkan tambak tersebut kering selama 1 minggu penuh agar bibit penyakit, patogen, dan juga mikroorganisme lainnya yang bisa merugikan sudah hilang.
  • Lakukan pembalikan tanah atau pembajakan tanah pada tambak udang agar mikroorganisme - mikroorganisme dalam tanah yang bermanfaat untuk pengembangbiakan dapat hidup terlebih dahulu.
  • Ukur PH tanah, jika PH tanah terlalu asam, lakukan pengapuran untuk membuatnya lebih ideal. PH tanah yang ideal untuk budidaya udang tambak sekitar 6-7,5.
  • Lakukan pemupukan organic dengan memberikan pupuk kandang kedalam tambak dengan takaran 150-200 kg/ha.
  • Campurkan pupuk secara menyeluruh dan merata pada semua dasar tambak.
  • Isi air hingga ketinggian 100 cm dan dibiarkan selama kurang lebih 5-7 hari.
  • Setelah media tambak ini siap, anda bisa melakukan penebaran jenis bibit udang yang anda inginkan.

Nah, itulah tadi cara mempersiapkan tambak udang yang benar agar usaha budidaya udang yang akan anda lakukan dapat berhasil dan meraup keuntungan yang maksimal. Sekian, semoga bermanfaat dan bisa anda jadikan referensi.

Ditulis oleh: Admin