Cara Investasi Perikanan Kolam Terpal
Cara Investasi Perikanan Kolam Terpal
Di post pada: 06 Februari 2019 14:23  -   Waktu baca: 4 menit

Investasi Perikanan – Kolam terpal banyak digunakan dalam budidaya perikanan air tawar. Cara budidaya perikanan kolam terpal ini banyak diterapkan pada lahan yang memiliki sumber air dan luas terbatas sehingga dapat meminimalisir biaya perawatan ikan air tawar. Oleh karenanya, banyak peternak ikan air tawar pemula yang melakukan budidaya menggunakan kolam terpal ini karena lebih ringan biaya. Untuk anda yang ingin tahu cara budidaya ikan maupun udang air tawar menggunakan kolam terpal, uraian berikut ini mungkin bisa anda jadikan referensi.

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus anda persiapkan ketika akan melakukan budidaya perikanan menggunakan kolam terpal.

  1. Persiapan Alat dan Bahan

Langkah awal budidaya ikan air tawar kolam terpal yang pertama yaitu harus membeli alat dan juga bahan yang akan digunakan. Alat dan juga bahan yang dibutuhkan harus sesuai dengan luas kolam yang akan dibuat. Luas terpal yang anda beli hrus disesuaikan dengan kebutuhan. Batas kolam juga harus disiapkan sesuai dengan dana modal maupun kebutuhan. Bagian dasar dan juga dinding kolam dapat menggunakan tanah, bambu, ataupun besi. Peternak harus memiliki pertimbangan terkait anggaran dan juga jenis ikan yang akan dibudidayakan agar investasi perikanan mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Persiapan Lahan

Dalam mempersiapkan lahan untuk budidaya di kolam terpal, pertimbangan jenis ikan yang akan dibudidaya sangatlah penting karena berpengaruh terhadap kedalaman kolam dan juga kepadatan benih yang akan disebar. Pemilihan lahan yang terkena sinar matahari secara langsung dan tidak langsung juga harus dipertimbangkan sesuai degan kebutuhan jenis ikan.

  1. Pembuatan Kolam Terpal

Hal terpenting selanjutnya yaitu, pembuatan kolam terpal. Kolam terpal yang dibuat dengan batas dari kayu dan juga besi harus diberi lubang sehingga sirkulasi air yang masuk dan keluar dapat berjalan dengan baik. Sedangkan dalam pembuatan kolam terpal dengan dasar dan pinggiran tanah hanya perlu mengubur pinggiran terpal yang digunakan sehingga tidak terjadi tarik menarik yang akan beresiko pada kebocoran.

Pada kolam terpal yang berdasar tana, permukaan bawahnya dapat diratakan dengan batu bata yang ditutupi dengan sekam. Permukaan bawah yang rata merupakan salah satu investasi perikanan yang bagus karena akan memberikan cukup pengaruh pada perkembangan ikan.

  1. Persiapan Kolam

Setelah kolam selesai dibuat, tahap selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan fasilitas kelengkapan kolam untuk budidaya. Salah satu persiapan vitalnya yaitu pembuatan saluran air untuk mempertahankan kejernihan air tanpa harus dilakukan pengurasan. Saluran ini akan membuat sirkulasi udara di air menjadi baik, sehingga ikan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Nah, itulah sedikit informasi seputar hal-hal yang perlu anda siapkan dalam membuat kolam terpal. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan referensi bagi anda yang akan memulai investasi perikanan menggunakan kolam terpal. Sekian, terimakasih.

Ditulis oleh: Admin