Cara Budidaya Udang Vanamei Di Kolam Terpal
Cara Budidaya Udang Vanamei Di Kolam Terpal
Di post pada: 06 Februari 2019 14:18  -   Waktu baca: 3 menit

Udang Vanamei – Udang vaname merupakan jenis udang dengan tingkat ketahanan yang tinggi terhadap serangan hama penyakit dan perubahan suhu atau cuaca. Udang vanamei ini dapat dibudidayakan di air tawar maupun air payau. Budidayanya pun dapat dilakukan di berbagai media yang salah satunya adalah kolam terpal. Ada beberapa langkah budidaya udang vaname di kolam terpal yang bisa anda lakukan agar hasil yang anda dapatkan maksimal. Secara umum, langkah-langkah tersebut dikolompokkan ke dalam dua bagian yaitu, bagian persiapan media budidaya dan bagian pemeliharaan. Untuk anda yang ingin tahu lebih banyak perihal cara budidaya udang vanamei di kolam terpal, anda bisa menyimak uraiannya berikut ini.

 

Persiapan Media Budidaya Udang Vanamei

Lokasi budidaya udang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat menggunakan lokasi di belakang rumah atau tanah kosong yang Anda miliki. Pilihlah lokasi yang terbaik untuk tempat pembesaran budidaya udang vanamei ini.

Setelah memilih lokasi yang paling baik, selanjutnya anda dapat membeli alat dan juga bahan yang akan digunakan. Alat dan juga bahan yang dibutuhkan harus sesuai dengan luas kolam yang akan dibuat. Luas terpal yang anda beli hrus disesuaikan dengan kebutuhan. Batas kolam juga harus disiapkan sesuai dengan dana modal maupun kebutuhan. Bagian dasar dan juga dinding kolam dapat menggunakan tanah, bambu, ataupun besi.

Hal terpenting selanjutnya yaitu, pembuatan kolam terpal. Kolam terpal yang dibuat dengan batas dari kayu dan juga besi harus diberi lubang sehingga sirkulasi air yang masuk dan keluar dapat berjalan dengan baik. Sedangkan dalam pembuatan kolam terpal dengan dasar dan pinggiran tanah hanya perlu mengubur pinggiran terpal yang digunakan sehingga tidak terjadi tarik menarik yang akan beresiko pada kebocoran.

Setelah kolam selesai dibuat, tahap selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan fasilitas kelengkapan kolam untuk budidaya. Salah satu persiapan vitalnya yaitu pembuatan saluran air untuk mempertahankan kejernihan air tanpa harus dilakukan pengurasan. Saluran ini akan membuat sirkulasi udara di air menjadi baik, sehingga udang vanamei dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

 

Pemeliharaan Udang Vanamei Di Kolam Terpal

Waktu pemeliharaan udang vanamei hingga siap panen umumnya sekitar 100 hingga 110 hari. Selama masa pemeliharaan, anda dapat memantau dan juga memelihara suhu serta keseimbangan pH yang ada dalam kolam terpal. Untuk makanannya, Anda bisa memberikan pakan tinggi protein 30% dari takaran pakan yang ada 7 sampai 15 hari setelah benih ditebar. Untuk pemberian pakannya dapat dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Anda dapat melakukan pembesaran udang vanamei dengan ketahanan kuat jika mengelola air kolam secara baik.

Nah, itulah sedikit uraian tentang cara budidaya udang vanamei di kolam terpal yang bisa kami bagikan pada artikel ini. Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Admin