Budidaya Udang Vaname Sistem Bioflok
Budidaya Udang Vaname Sistem Bioflok
Di post pada: 04 Januari 2019 11:44  -   Waktu baca: 4 menit
Budidaya udang vaname intensif dengan sistem bioflok merupakan satu diantara berbagai upaya guna efisiensi biaya produksi, hal ini karena bioflok juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti pakan untuk udang vaname yang dibudidayakan.

Udang Vaname – Udang merupakan menu wajib bagi para pecinta seafood. Rasanya yang nikmat dan kandungan gizinya yang lengkap menjadikan poin tambah tersendiri bagi udang. Salah satu udang yang kini menjadi favorit adalah udang vaname. Jika udang vaname ini dikolaborasikan dengan berbagai rempah dan bumbu-bumbu tertentu, tentunya akan sangat menggugah selera. Oleh karenanya, permintaan terhadap udang vaname ini juga terus meningkat.

 

Potensi Menguntungkan Budidaya Udang Vaname

Banyaknya permintaan terhadap udang vaname ini tentunya menjadi potensi peluang usaha budidaya yang bisa dibilang besar dan menjanjikan. Harga jual udang vaname ini yang terbilang tinggi dipasaran tak membuat permintaan udang jenis ini surut, udang ini masih banyak dicari dan juga diminati oleh masyarakat Indonesia.

Udang jenis ini dapat dibudidayakan pada air tambak maupun di genangan air payau. Udang vaname ini memang cukup mudah untuk dipelihara. Daya tahan udang vaname dapat dibilang bagus yangmana juga tahan akan serangan penyakit, hama dan cuaca.

 

Budidaya Udang Dengan Teknologi Bioflok

Salah satu cara budidaya udang vaname ini adalah dengan menggunakan sistem bioflok. Budidaya udang vaname intensif dengan sistem bioflok ini merupakan satu diantara berbagai upaya guna efisiensi biaya produksi, hal ini karena bioflok juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti pakan untuk udang vaname yang dibudidayakan.

Budidaya Udang Sistem Bioflok ini merupakan teknologi baru dalam sistem budidaya udang yang cukup diminati sebab jika dibandingkan dengan budidaya pada tambak ataupun kolam, budidaya udang dengan menggunakan sistem bioflok mampu menghasilkan kualitas udang yang baik serta juga mengatasi berbagai masalah kegagalan yang selama ini menghantui para petani udang.

Secara teknis budidaya vaname dengan teknologi bioflok ini menggunakan bantuan mikroorganisme yangmana sekaligus berfungsi sebagai pakan tambahan. Budidaya sistem ini bukan hanya bisa meningkatkan produktifitas petani udang, namun juga merupakan langkah yang stabil dan juga berkelanjutan. Sebab dengan teknologi bioflok ini kita tidak perlu lagi melakukan pergantian air kolam sebagaimana jika kita melakukan budidaya udang vaname dengan plastik mulsa.

Mekanisme bioflok memungkinkan terjadinya nitrifikasi sehingga bisa mengurangi FCR dan juga meminimalisir resiko adanya penyebaran penyakit pada udang. Budidaya sistem bioflok ini akan mendorong terjadinya dominasi pertumbuhan mikroorganisme baik didalam kolam. Setelah terbentuk dan juga dipertahankan, keberadaan mikroorganisme bakteri ini akan lebih baik jika dibandingkan dengan alga.

Bakteri yang terbentuk kemudian akan membentuk flok, kemudian bakteti ini akan bekerja melahap nitrogen yang dapat bersal dari kotoran atau juga sisa pakan 100 kali lipat lebih efektif ketimbang gangang. Dimana ia mampu bekerja siang dan malam tak terpengaruh oleh faktor perubahan cuaca. Sekaligus juga mengubah limbah nitrogen menjadi pakan yang bernutrisi tinggi bagi udang.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang budidaya udang vaname dengan sistem bioflok yang mngkin bisa anda jadikan referensi dan coba anda lakukan. Sekian, semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Admin