Gelembung Renang Ternyata Bisa Laku Sampai Puluhan Juta per Kilogram
Gelembung Renang Ternyata Bisa Laku Sampai Puluhan Juta per Kilogram
Di post pada: 05 November 2021 17:52  -   Waktu baca: 5 menit

Umumnya, gelembung renang termasuk limbah. Gelembung renang biasanya dibuang bersama organ dalam lain ketika mengelola ikan konsumsi. Namun, siapa sangka gelembung renang untuk ikan tertentu harganya dapat mencapai puluhan juta per kilogram?

 

Hal tersebutlah yang dalam beberapa tahun terakhir dilirik oleh para nelayan di Merauke, Papua. Mereka telah melakukan penangkapan untuk ikan yang gelembung renangnya mahal dan telah menjadi komoditas ekspor.

 

Ikan Apa Saja?

Jenisnya antara lain ikan conggek (kakap cina), gulama, kuro, duri, dan kakap putih. Harga gelembung renang tiap kilogramnya untuk ikan-ikan tersebut berbeda. Selain itu, harga juga variatif bergantung pada bobot tiap satu gelembung renang dan bahkan jenis kelamin ikan.

 

Harganya Bisa Sampai Berapa?

Conggek dan gulama adalah ikan yang diutamakan karena harga gelembung renangnya lebih mahal dari tiga ikan lain. Untuk ikan conggek sendiri, jenis kelamin ikan mempengaruhi harganya karena gelembung renang conggek jantan dinilai lebih berkualitas.

- Ikan conggek betina golongan (gelembung renangnya) di bawah 30 gram seharga Rp1 juta per kilogram (kg), sedangkan golongan lebih dari 200 gram seharga Rp18 juta per kg

- Ikan conggek jantan golongan 50 gram seharga Rp11 juta per kg, sedangkan golongan lebih dari 200 gram seharga Rp28 juta per kg

 

Hingga kini, ikan gulama adalah yang paling mahal. Gelembung renang ikan gulama golongan 10 gram dapat mencapai Rp20 juta per kg, sedangkan yang golongan 40 gram bisa Rp50 juta per kg.

 

Gelembung renang ikan duri dapat dihargai Rp150 ribu per kg. Ikan kuro golongan di bawah 10 gram seharga Rp500 ribu per kg, sedangkan golongan 100 gram ke atas seharga Rp2,2 juta per kg.

 

Kakap putih dengan golongan di bawah 10 gram dihargai Rp 650 ribu per kg, sedangkan golongan 100 gram ke atas seharga Rp4,3 juta per kg.

 

Gelembung Renang Buat Apa?

Negara tujuan utama ekspor gelembung renang ikan adalah Cina. Di beberapa daerah di Cina, gelembung ikan umum digunakan sebagai bahan makanan contohnya diolah menjadi sup. Akan tetapi, kegunaan utama gelembung renang adalah sebagai bahan pembuat benang operasi medis.

 

Seperti Apa Bentuk Produknya?

Gelembung renang ini biasanya diekspor dalam bentuk kering yang mirip dengan kerupuk mentah. Setelah dikeluarkan dari badan ikan, gelembung renang ini dicuci bersih dan dijemur selama 2 hari hingga kering. Jika perlu, gelembung renang juga akan dikeringkan dengan bantuan kipas angin.

Ditulis oleh: Admin