5 Manfaat Konsumsi Cumi-Cumi Bagi Kesehatan
5 Manfaat Konsumsi Cumi-Cumi Bagi Kesehatan
Di post pada: 05 Mei 2021 16:25  -   Waktu baca: 5 menit

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Dijuluki sebagai negara maritim, Indonesia dianugerahi wilayah laut yang sangat luas yakni sebesar 70% dari seluruh wilayah Indonesia. Tidak heran, kekayaan hasil laut Indonesia sangat melimpah. 

Salah satu hasil lautnya yang banyak digemari masyarakat ialah cumi-cumi.Hewan tidak bertulang belakang ini menjadi  salah satu menu andalan di meja makan. Pasalnya, cumi-cumi memiliki rasa yang lezat, dan citra rasa yang khas serta harganya yang masih cukup terjangkau. Selain rasanya yang lezat, sama seperti halnya seafood lainnya cumi-cumi juga kaya akan gizi.

Cumi-cumi memiliki gizi yang cukup lengkap seperti protein, vitamin, mineral dan lainnya yang tentunya baik untuk tubuh. Lalu, apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Yuk, mari kita simak bersama-sama.

1. Menjaga berat badan tetap stabil

Cumi-cumi dinilai sebagai hewan laut yang tinggi protein namun rendah lemak. Tercatat dalam website Nilaigizi.com kandungan protein pada cumi-cumi cukup tinggi yakni sebesar 16 gram dalam setiap 100 gram cumi. Protein pada tubuh manusia dapat membantu dalam mengontrol nafsu makan agar tidak cepat lapar. Selain proteinnya yang tinggi, lemak pada cumi-cumi juga rendah yaitu sebesar 0,7 gram saja.  Sehingga, cumi-cumi memang cocok dijadikan menu untuk program diet atau hanya sekedar menjaga agar berat badan tetap stabil.

2. Melancarkan proses metabolisme dalam tubuh

Pada banyak orang dewasa terutama yang sudah lanjut usia, konsumsi cumi-cumi adalah kebiasaan yang baik untuk tubuh. Gangguan pada proses metabolisme tubuh dan proses pencernaan yang kurang baik merupakan beberapa hal yang dapat dikurangi dengan adanya vitamin yang lengkap dalam cumi-cumi. Kandungan Vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B3 (niasin) pada cumi-cumi bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan dapat menambah nafsu makan. 

3. Baik untuk pertumbuhan kerangka tulang pada anak

Cumi-cumi mengandung banyak mineral yang dibutuhkan bagi tubuh manusia. Kalsium, fosfor, selenium, natrium, kalium, magnesium, seng, dan iodium merupakan beberapa mineral penting yang terkandung dalam cumi-cumi. Kalsium dan fosfor berguna untuk untuk  pertumbuhan kerangka tulang pada anak, menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis pada orang tua. Selain untuk kesehatan tulang, fosfor juga berguna untuk membentuk serta menjaga kekuatan pada gigi. 

Mineral penting pada cumi-cumi juga memiliki manfaat sebagai antioksidan dalam tubuh. Manfaat anti-oksidan ini dapat membantu dalam menjaga kekuatan tubuh dan mencegah terjadinya kerusakan sel.

4. Menjaga kesehatan otak, mata, sampai jantung

Kandungan omega-3  dalam cumi-cumi memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Asam lemak esensial tidak jenuh omega-3 berguna untuk memelihara kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung. Selain jantung, kandungan omega-3 pada cumi-cumi juga berguna untuk menjaga kesehatan otak dan mata, membantu mempertajam ingatan, dan meningkatkan konsentrasi berpikir. 

5. Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian Tubuh

Cumi-cumi mengandung banyak vitamin yang penting untuk kebutuhan tubuh. Vitamin yang terkandung dalam cumi-cumi diantaranya vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B6, B12, niasin, asam folat, vitamin C, serta vitamin larut lemak (A, D, E, K). Kandungan vitamin ini tentunya memiliki manfaat yang beragam dan baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat di atas tentunya akan diperoleh saat kita mengkonsumsi cumi-cumi dengan baik dan benar serta tidak berlebihan. Konsumsi cumi-cumi secara berlebihan tentunya tidak akan baik untuk tubuh dan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Tertarik dalam pengelolaan cumi-cumi dan kegiatan perikanan lainnya? Yuk, daftarkan dirimu segera menjadi inFishta Heroes dan bersiap untuk melangkah bersama inFishta untuk memajukan perikanan Indonesia.

 

Ditulis oleh: Admin